Find Us On Facebook

iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Popda Karate Tingkat SMA Minim Atlet


WONOSOBOZONE - Sebanyak 48 atlet cabang karate tingkat SD, SMP, SMA mengikuti POPDA Kabupaten Wonosobo, yang digelar di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Wonosobo, kamis 17/03/16.

Pada cabang karate tingkat SD diikuti oleh 13 atlet putra kelas Kumite, 9 atlet putri kelas kumite dan 10 atlet putra kelas Kata perorangan, 8 atlet putri kelas Kata perorangan. Untuk tingkat SMP diikuti oleh 2 atlet putra kelas Kata perorangan dan 4 atlet putri kelas Kata perorangan. Untuk tingkat SMA diikuti oleh 1 atlet putra kelas kumite dan 1 atlet putri kelas kumite. Yang berasal dari 3 perguruan yaitu Lembaga Karatedo Indonesia (LEMKARI), Istitut Karatedo Indonesia (INKAI) dan Indonesia Karatedo Nasional (INKANAS).

Menurut ketua panitia POPDA cabang karate, Sugeng Priyadi, 48 atlet karate turun di dua kelas yaitu Kata dan Kumite. Kata adalah kelas yang mempertandingkan kemahiran dan kelihaian atlet dalam memperagakan jurus atau mendemontrasikan jurus yang dikuasai dalam karate. Sedangkan Kumite mempertandingkan atlet untuk saling bertarung dan saling mengalahkan dengan jurus jurus atau teknik yang ada dalam karate secara sportif.

Sugeng sangat menyayangkan minimnya atlet karate tingkat SMA, dimana hanya 2 atlet yang turun di kelas Kumite. Itu disebabkan keterbatasan atlet tingkat SMA, kurangnya kerjasama antara Organisasi Karate FORKI Wonosobo dengan perguruan perguruan karate yang ada. Oleh karena itu kedepan FORKI harus bisa lebih mempopulerkan karate di lingkungan pelajar, sehingga akan muncul atlet atlet karate di semua tingkatan pelajar. Pembinaan atlet juga harus terus ditingkatkan dari mulai usia dini, agar nantinya bisa menciptakan kader kader karateka di tingkat  SMP dan SMA. Dengan banyaknya atlet maka akan semakin mudah mencari bibit bibit yang berpotensi.

Pada POPDA cabang karate yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati bidang Fisik Prasarana Kabupaten wonosobo, Sigit Sukarsana, diikuti oleh 48 atlet dengan 4 juri nasional dan 3 juri daerah. Dari semua tingkat dan kelas masing masing juara akan mewakili Kabupaten Wonosobo di POPDA tingkat Karesidenan Kedu.


Share This Article :
MyNews