Find Us On Facebook

iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Lomba Pidato Bahasa Jawa Dalam Rangka Peringatan Hari Kartini Ke 137


WONOSOBOZONE - Sebagai upaya mengenang jasa pahlawan wanita R.A Kartini dan melestarikan Bahasa Jawa di kalangan masyarakat. Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Wonosobo menggelar Lomba Pidato Bahasa Jawa dalam rangka Peringatan Hari Kartini ke 137. Bertempat di gedung Wanita, Selasa 22/03/16.

Lomba Pidato berbahasa Jawa yang mengambil tema Kepahlawanan R.A Kartini, diikuti oleh 30 peserta dari seluruh organisasi wanita dan PKK se kabupaten Wonosobo. Masing masing peserta berusaha tampil sebaik baiknya di hadapan ketiga juri terdiri dari Suharno dari Permadani Wonosobo, Kusmedi dari Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Anton Setyono dari Radio Pesona FM.

Sementara pada kesempatan itu Kabid PP dan PA BKKBPPPA Kabupaten Wonosobo, Retno Eko SN, saat membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan pidato berbahasa Jawa ini sangat penting untuk nguri-uri Bahasa Jawa. Pasalnya meskipun orang Jawa, namun kini banyak yang sudah tidak paham dengan Bahasa Jawa. Adanya lomba kali ini diharapkan akan mampu meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Bahasa Jawa serta sebagai pendorong bagi generasi muda untuk belajar bahasa Jawa dan adat istiadat Jawa. Selain itu Lomba Pidato kali ini juga untuk mengenang dan memaknai nilai nilai dari perjuangan R.A Kartini sebagai tokoh emansipasi Wanita.

Menurut ketua Juri Lomba, Suharno, Masing masing peserta diberi waktu 10 menit untuk berpidato, dengan kriteria yang dinilai adalah materi, bahasa Jawa, penampilan dan vocal.


Pada Lomba pidato Bahasa Jawa tersebut tampil sebagai juara I adalah Ina Wijayanti dari organisasi wanita Salamah, juara II adalah Dian Triantoro dari Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Wonosobo, juara III adalah Ernanik Hidayah dari PKK Kecamatan Watumalang.
Share This Article :
MyNews